Monthly Archives: December 2014

“Harga BBM Turun, Sudah Terlambat…”

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga premium dipastikan akan turun kembali per 1 Januari 2015. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, harga premium yang semula Rp 8.500 per liter kini menjadi Rp 7.600 per liter.

Pengendara mobil dan sepeda motor yang merupakan konsumen tetap premium pun mensyukuri penurunan harga tersebut. Salah seorang tukang ojek, Ramdhani, mengaku senang dengan keputusan ini.

“Senang banget. Selama ini BBM naik Rp 2.000 itu berat ya. Saya mau naikin ongkos penumpang ya kadang kasihan juga, tetapi kalau enggak begitu ya saya rugi,” ujar Ramdhani di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (31/12/2014). [Baca: Premium Dihapus, Pertamina Butuh Waktu Dua Tahun Naikkan Produksi Pertamax]

Menurut dia, ini seperti kado Tahun Baru dari Presiden RI Joko Widodo kepada masyarakat Indonesia. Mengenai harga baru premium ini, dia berjanji juga akan menyesuaikan kembali tarif ojeknya.

Akan tetapi, ternyata Ramdhani tidak sepenuhnya puas dengan kebutuhan itu. Dia mengaku masih ada kekhawatiran. Ramdhani tidak yakin turunnya harga BBM juga akan berdampak pada harga-harga bahan pokok.

Walau kenaikan harga BBM diikuti oleh kenaikan harga bahan pokok, penurunan harga BBM belum tentu diikuti juga oleh penurunan harga. “Jadi, BBM turun, sudah terlambat. Ya tetapi masih bersyukurlah, siapa tahu lama-lama harga ikut turun,” ujar dia.

Seorang tukang ojek lain yang berada di sebelah Ramdhani, Joko, ikut berkomentar soal turunnya harga BBM. Dia mengatakan, menaikkan harga BBM adalah satu dari beberapa kebijakan yang perlu ditinjau kembali oleh pemerintah.

Joko mengaku, ia memiliki sebuah permintaan. Permintaan Joko ini bukan ditujukan untuk Jokowi, melainkan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama.

“Pak Jokowi sudah turunkan harga BBM. Tinggal Pak Ahok hapuskan itu pelarangan motor yang di Bundaran HI,” ujar Joko sambil tertawa. “Supaya kita-kita tukang ojek ini gampang kalau kerja,” ucap Joko.

Untuk diketahui, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menerangkan, pemerintah memberikan subsidi terhadap minyak tanah (kerosin) dan minyak solar. Harga baru ini berlaku pada 1 Januari 2015 pukul 00.00 WIB di semua wilayah Indonesia.

Harga minyak tanah saat ini sebesar Rp 2.500 per liter, sementara harga minyak solar Rp 6.500 per liter. Selain menetapkan harga untuk jenis BBM tertentu (atau yang disubsidi), pemerintah juga menetapkan harga untuk jenis BBM khusus penugasan.

Premium yang sebelumnya masuk ke dalam kategori jenis BBM tertentu—bersama minyak tanah dan minyak solar—per 1 Januari 2015 masuk dalam kategori jenis BBM khusus penugasan. “Bensin RON 88 (premium) di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) ditetapkan sebesar Rp 7.600 per liter,” ucap Sudirman.

 

sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2014/12/31/12532221/.Harga.BBM.Turun.Sudah.Terlambat.

7 Variasi Perintah INSERT di MySQL yang Sering Terlupakan

Data Manipulation Language (DML) merupakan bagian dari perintah SQL (Structured Query Language) yang terdiri dari berbagai perintah untuk memanipulasi data di dalam suatu database. Empat perintah utama yang termasuk dalam perintah DML adalah perintah SELECT, INSERT, UPDATE dan DELETE. MySQL sebagai salah satu software database terkemuka tentunya mendukung keempat perintah DML tersebut dengan sangat baik. Di dalam tutorial kali ini, akan dibahas mengenai perintah INSERT dimana ternyata cukup banyak variasi perintah INSERT di MySQL yang sering terlupakan (terabaikan), namun sebenarnya sangat berguna.

Selain bentuk dasar perintah INSERT, saya mencatat setidaknya ada 7 (tujuh) variasi bentuk perintah INSERT yang saya yakin suatu saat akan berguna untuk Anda. Berikut ini ketujuh perintah INSERT tersebut yang selanjutnya akan saya jelaskan satu per satu.

  1. INSERT INTO (field1, field2, …) VALUES (…)
  2. INSERT … SELECT …
  3. INSERT IGNORE …
  4. INSERT DELAYED …
  5. INSERT LOW PRIORITY | HIGH PRIORITY …
  6. INSERT … ON DUPLICATE KEY UPDATE
  7. REPLACE INTO …

Untuk mempermudah pemahaman terhadap tutorial ini, maka seluruh contoh yang disajikan akan mengacu pada struktur tabel sebagai berikut:

Nama tabel: tblmhs

mysql> desc tblmhs;
+----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| Field    | Type        | Null | Key | Default | Extra |
+----------+-------------+------+-----+---------+-------+
| nim      | varchar(10) | NO   | PRI | NULL    |       |
| nama     | varchar(40) | NO   |     | NULL    |       |
| alamat   | text        | NO   |     | NULL    |       |
+----------+-------------+------+-----+---------+-------+
3 rows in set (0.00 sec)

Di sini tidak saya bahas mengenai bagaimana membuat struktur tabel di atas, karena sudah saya bahas padatutorial mengenai perintah dasar MySQL. Lebih lengkapnya, Anda juga bisa pelajari buku gratis MySQL yang dapat didownload di website ini juga.

Bentuk Dasar Perintah INSERT

Sebelum membahas variasi dari perintah INSERT, alangkah baiknya kita mengingat kembali mengenai bagaimana bentuk dasar dari perintah INSERT tersebut. Perintah INSERT pada dasarnya merupakan perintah yang dapat digunakan untuk memasukkan data (record) ke sebuah tabel di database. Bentuk perintah ini cukup sederhana. Berikut ini contoh sederhana perintah INSERT untuk memasukkan data seorang mahasiswa dengan nim ‘1011500100‘, nama ‘ACHMAD SOLICHIN‘ dan alamat di JAKARTA SELATAN.

INSERT INTO tblmhs VALUES('1011500100', 'ACHMAD SOLICHIN', 'JAKARTA SELATAN');

Hal yang penting dari contoh perintah INSERT di atas adalah urutan dari nilai data yang akan ditambahkan harus sama dengan urutan field (kolom) di tabel. Urutan field di dalam tabel tblmhs adalah nim, nama lalu alamat, sehingga waktu melakukan INSERT urutan seharusnya juga nim, nama dan alamat. Jika urutan tidak sesuai, maka data yang dimasukkan bisa jadi menempati kolom yang salah juga

#1. INSERT INTO tabel (field1, field2) VALUES …

Pada bentuk dasar perintah INSERT di atas, kita harus menyebutkan nilai dari seluruh kolom. Jadi jumlah nilai yang akan ditambahkan harus sesuai dengan jumlah kolom dalam tabel. Namun ada kalanya kita hanya ingin menambahkan sebagian dari kolom tabel, jadi tidak semua kolom kita masukkan. Jika demikian, variasi perintah INSERT yang pertama ini tentu tepat untuk digunakan. Kita menyebutkan kolom-kolom yang akan di-insert-kan di belakang nama tabel. Urutannya juga tidak harus sesuai dengan urutan di dalam struktur tabel. Sebagai contoh, kita akan memasukkan data nim dan nama seorang mahasiswa, tanpa memasukkan alamatnya. Urutan fieldnya sengaja dibalik, nama terlebih dahulu baru nim. Berikut perintahnya:

INSERT INTO tblmhs (nama, nim) VALUES('CHOTIMATUL MUSYAROFAH', '1012501983');

Terlihat pada contoh di atas bahwa urutan yang harus disesuaikan adalah urutan field yang berada di belakang nama tabel ‘tblmhs’ dan urutan data (values) yang akan di-insert-kan.

#2. INSERT … SELECT …

Ada kalanya kita ingin memindahkan atau meng-copy sejumlah data yang berada pada suatu tabel ke tabel yang lainnya. Singkatnya copy data antar tabel. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, tentunya sangat kurang efektif jika kita harus melakukan insert satu per satu. Untuk melakukan copy record antar tabel, akan lebih efektif jika kita menggunakan bentuk perintah “INSERT … SELECT …” yang menggabungkan proses insert (menambahkan data) dan select (mengambil data). Sebagai contoh, kita ingin memindahkan data nim dan nama mahasiswa yang berada di tabel tblpendaftaran ke tabel tblmhs, berikut ini perintahnya:

INSERT INTO tblmhs(nim, nama) SELECT nim, nama FROM tblpendaftaran;

#3. INSERT IGNORE

Saya pernah membuat suatu absensi pada suatu perusahaan dimana data absensi diimport dari suatu file teks hasil keluaran dari mesin finger. Setelah diimport, data absensi karyawan akan diperiksa dan dilengkapi oleh staf HRD. Proses import dari teks file dapat terjadi berulang-ulang sehingga diperlukan mekanisme agar pada saat proses import data yang mungkin sudah diedit oleh staf HRD tidak tertimpa. Jadi intinya, saat proses import, harus diperiksa apakah data absensi yang akan dimasukkan ke tabel sudah ada atau belum. Jika sudah ada, maka tidak perlu dilakukan insert, namun jika tidak ada maka lakukan proses import. Awalnya terpikir untuk melakukan pengecekan data ke database terlebih dahulu sebelum insert, namun dari isi efektivitas tentu hal ini tidak baik, apalagi jika datanya cukup banyak. Beruntung kemudian ketemu bentuk perintah INSERT IGNORE … di MySQL. Dengan perintah ini, permasalahan tersebut dapat terselesaikan hanya dengan satu perintah.

Dalam contoh berikut ini, akan melakukan insert data ke tabel tblmhs hanya jika data nim belum ada di tabel. Pemeriksaan data didasarkan pada field yang menjadi primary key. Jadi jika terjadi duplikasi primary key maka data akan diabaikan (ignored).

INSERT IGNORE INTO tblmhs VALUES('1012501983','BUNGA', 'TANGERANG');

#4. INSERT DELAYED

Bentuk perintah INSERT DELAYED … merupakan bentuk perintah yang mungkin akan kita perlukan saat membuat suatu aplikasi transaksional dengan beberapa pengguna dalam satu waktu. Dengan tambahan perintah “DELAYED” maka proses menambahkan data akan ditangguhkan hingga tidak ada user yang mengakses tabel. Contoh berikut ini menggambarkan bagaimana perintah tersebut:

INSERT DELAYED INTO tblmhs (nim, nama) VALUES ('1011500121', 'LINTANG', 'TANGERANG');

Penjelasan lebih lanjut mengenai perintah ini dapat dilihat di manual MySQL.

#5. INSERT LOW PRIORITY | HIGH PRIORITY

Tambahan perintah LOW PRIORITY atau HIGH PRIORITY dibelakang perintah INSERT dapat digunakan untuk mengatur prioritas dari perintah INSERT yang akan dijalankan. Perintah dengan prioritas lebih tinggi tentu akan didahulukan untuk dijalankan. Sama seperti bentuk perintah INSERT DELAYED, perintah ini juga berguna saat kita “bermain” dengan proses transaksional. Berikut ini contoh sederhananya:

INSERT INTO tblmhs VALUES('1111500111', 'INDAH', 'JAKARTA');

#6. INSERT … ON DUPLICATE KEY UPDATE

Variasi perintah INSERT ini mungkin suatu saat akan kita perlukan. Misalnya pada kasus dimana pada proses insert sejumlah data, jika datanya sudah ada, dalam arti terjadi duplikasi primary key, maka lakukan perintah update untuk kolom tertentu. Sebagai contoh, kita akan melakukan penambahan data ke tblmhs, jika datanya sudah ada, maka update field alamat dengan alamat yang baru. Berikut ini perintahnya:

INSERT INTO tblmhs (nim, nama, alamat) VALUES('1111500111', 'WULAN', 'MALANG') ON DUPLICATE KEY UPDATE alamat='JAKARTA';

Untuk penjelasan lebih rinci terkait perintah ini dapat dilihat di dokumentasi MySQL (http://dev.mysql.com/doc/refman/5.1/en/insert-on-duplicate.html).

#7. REPLACE INTO …

Saya sangat senang dengan adanya bentuk perintah REPLACE di MySQL ini. Perintah ini sangatlah membantu. Contohnya saat saya ingin melakukan penambahan data secara massal seperti pada kasus import absensi karyawan di atas. Jika pada proses import, kita menginginkan agar data selalu up to date, maka jika data sudah ada harus dilakukan proses update. Perintah REPLACE INTO berperan untuk melakukan dua tugas sekaligus, yaitu INSERT jika datanya belum ada dan UPDATE jika datanya sudah ada. Berikut ini contoh perintah ini:

REPLACE INTO tblmhs VALUES('1011500100', 'ACHMAD SOLICHIN', 'TANGERANG SELATAN');

Demikian ketujuh bentuk variasi perintah INSERT di dalam MySQL yang sering terlupakan namun seringkali kita butuhkan. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Mari terus semangat berbagi demi Indonesia!

sumber : http://achmatim.net/2011/02/15/7-variasi-perintah-insert-di-mysql-yang-sering-terlupakan/

Tes Senapan Angin

Liburan Natal bingung mau ngapain akhirnya nemu mainan lama yaitu senapan angin pas iseng iseng main senapan aku menemukan ide coba kalau direkan dalam bentuk video gerakan lambat objek yang tertembak kayak apa ya?
dan ini hasilnya

cara memasang Revolution Sliders pada thema wordpress

sebenernya cara ini simple kok

pertama kita lihat struktur thema worpress, biasanya untuk header dipisah dan terdapat pada header.php pada folder thema untuk mengetahui folder thema cek nama thema bisanya nama thema sama foldernya sama setelah itu tinggal buka file header.php dan tempatkan script dibawah menu atau diatas menu terserah dengan keinginan dan ganti “alias” dengan nama slider yang telah dibuat pada Revolution Sliders, ups kelupaan sebelum tahap ini dilakukan pertama install dulu Revolution Sliders plugin dapat di download

jika kurang jelas dapat melihat video

Install Kloxo

Kloxo adalah salah satu Webserver Control Panel yang setidaknya mudah dan mempunyai fitur yang lengkap dan ringan

hypervm

 

PREPARE

  1. Koneksi internet yang stabil
  2. SSH Toolsatau saya sarankan untuk menggunakan Putty karena lebih mudah . bisa sahabat dpatkan disini , → http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.htmlimage57
  3. Minimal Space 2GB

Prepare Instalasi

  1. Remote Server dengan PUTTY
  2. Update paket dengan perinta yum update
  3. masuk pada user root kalau login putty awal user root tidak perlu masuk user root karena sudah root
  4. disable SElinux dengan cara
    edit file /etc/sysconfig/selinux
    kemudian edit pada bagian
    # This file controls the state of SELinux on the system
    # SELINUX= can take one of these three values:
    #       enforcing – SELinux security policy is enforced.
    #       permissive – SELinux prints warnings instead of enforcing.
    #       disabled – SELinux is fully disabled.
    SELINUX=permissivediganti
    SELINUX=disable
  5. buka port kloxo dengan perintah
    # iptables -I INPUT -p tcp –dport 7777 -j ACCEPT
    # iptables -I INPUT -p tcp –dport 7778 -j ACCEPT
    #service iptables save
    #
    service iptables restart 

INSTALASI

  1. Install goup dengan cara
    # yum grouplist
    image010
  2. Intall wget
    # yum install -y wget
  3. download kloxo
    # wget http://download.lxcenter.org/download/kloxo/production/kloxo-installer.sh
    image012
  4. Lakukan Intalasi kloxo dengan tipe master
    # sh ./kloxo-installer.sh –type=master
    image021
  5. Setelah selesai maka Kloxo akan memberikan screen bahwa Kloxo telah berhasil di install , serta untuk mengunjungi Admin Cpanel , bisa akses ke :http://alamat_ip:7778Dan masuk menggunakan ,
    username : admin
    password : admin
    image022

semoga bermanfaat

jalan jalan ke pos pemantauan gunung merapi babadan

pas bangun pagi tiba tiba istri ngajakin ke muntilan katanya sih mau membeli perlengkapan apa gitu eh malah iseng main ke ketep sehabis itu pas jalan pulang iseng lagi pengen ke pos babadan walaupun saya belum pernah kesana saya iseng aja sok tau jalan kesana asumsi saya pasti ada lah penunjuk jalanya dan sekalian aja saya pengen mengetes kamera acer liquid e3 yang kata orang karemaranya bagus untuk kelas smartphon sekelas ini mumpung saya lagi pegang e3 kemudian saya iseng aja merekamnya dan hasilnya

banyak domain id menjadi agen judi bola

http://images.detik.com/content/2014/12/05/398/agen46.jpg
Screenshot Situs Agen Bola

Jakarta – Pemerintah sejatinya telah menyatakan perang terhadap peredaran situs negatif, baik itu pornografi, judi, ataupun yang berisi SARA. Namun khusus soal judi, ternyata domain ‘apapun.id’ malah dijadikan sarang sang bandar.

Dalam laporan yang masuk ke detikINET, sarang judi online ini dapat ditemui di alamat http://agenbola.id. Dilihat dari namanya jelas ini merupakan domain premium .id. 

Di sini, pengunjung situs ditawarkan berbagai macam model judi. Mulai dari judi bola, tangkas hingga togel. Situs tersebut juga sudah dioperasikan bak profesional dengan dilengkapi sejumlah macam model pembayaran, tampilannya pun terbilang menarik. 

Domain yang dipakai agenbola.id ini merupakan bagian dari Domain Tingkat Tinggi (DTT) .id yang belum lama diluncurkan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Selama ini, pengguna internet Indonesia hanya bisa menggunakan domain .id dalam bentuk Domain TIngkat Dua (DTD). PANDI mengelola sebelas DTD .id: co.id, biz.id, web.id, my.id, or.id, sch.id, ac.id, desa.id, net.id, go.id, dan mil id. Tiap-tiap domain diperuntukkan bagi pengguna atau institusi tertentu.

Dengan dirilisnya domain anything.id, publik dapat menggunakan domain .id secara langsung, semisal menggunakan nama domain pandi.id, garuda.id, yudho.id, atau yang lainnya. Namun memang harganya domain tingkat tinggi ini lebih mahal ketimbang yang tingkat dua.

(ash/ash) 

sumber : http://inet.detik.com/read/2014/12/05/084903/2768445/398/duh-domain-id-jadi-sarang-bandar-judi

chord Naff – Kenanglah Aku

[intro] C G/B Am Dm C G 
C     G/B       Am         
karamnya cinta ini 
Dm                 F            G 
tenggelamkanku di duka yang terdalam 
C       G/B   Am         
hampa hati terasa 
Dm                  F           G 
kau tinggalkanku meski ku tak rela 

  F          G           Am 
salahkah diriku hingga saat ini 
   Dm              F            G 
ku masih mengharap kau tuk kembali 

[chorus] 
F         G          C 
mungkin suatu saat nanti 
 Dm           G           C                     
kau temukan bahagia meski tak bersamaku 
  F        G          Am 
bila nanti kau tak kembali 
          Dm                 G 
kenanglah aku sepanjang hidupmu 
                                                        
[interlude] F Em Dm G C 
            F Em Dm G 

C     G/B       Am         
karamnya cinta ini 
Dm                 F            G 
tenggelamkanku di duka yang terdalam 
C       G/B   Am         
hampa hati terasa 
Dm                  F           G 
kau tinggalkanku meski ku tak rela 
                                    
  F          G           Am 
salahkah diriku hingga saat ini 
   Dm              F            G 
ku masih mengharap kau tuk kembali 

[chorus] 
F         G          C 
mungkin suatu saat nanti 
 Dm           G           C                     
kau temukan bahagia meski tak bersamaku 
  F        G          Am 
bila nanti kau tak kembali 
          Dm                 G 
kenanglah aku sepanjang hidupmu 

F         G          C 
mungkin suatu saat nanti 
 Dm           G           C                     
kau temukan bahagia meski tak bersamaku 
  F        G          Am 
bila nanti kau tak kembali 
          Dm                 G 
kenanglah aku sepanjang hidupmu 

[outro] F Em Dm G C

UMMagelang Torehkan Prestasi Pada Beberapa Event

Lima mahasiswa  Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik UM Magelang berhasil menorehkan prestasi gemilang setelah keluar sebagai juara I dalam event Cyberjawara 2014 yang diselenggarakan oleh Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Final lomba diadakan di Hotel Hilton Bandung tanggal 5 November.

Ketua Program Studi Teknik Infomatika S1 Fakultas Teknik UM Magelang, Muhammad Arfan S.Kom, M. Eng mengatakan, tim tersebut terdiri dari Dessy Arifiyanto Laksono, Andri Trismanto, Sukma Nur Abdillah, Annas Arbarim, serta Wahyu Eko Prasetyo.   Mereka  lolos ke dalam babak final yang terdiri dari 10 tim yang antara lain berasal dari tim Asosiasi Penyelenggara  Jasa Internet (APJI), tim cyber  TNI AD serta tim cyber  Kopassus.

Arfan menambahkan, babak penyisihan dilakukan dua kali secara on line. Dalam babak tersebut   juri memberikan   soal seputar masalah cyber security yang harus dipecahkan oleh peserta secara on line. “Selain itu para peserta juga diuji pengetahuannya tentang pemahaman keamanan jaringan,” tambah Arfan. Adapun pada babak final para finalis harus menyelesaikan soal  antara lain capture the flag, reverse  engineering, kriptografi serta steganografi.  Selainmendapatkanreward berupa laptop dan TV LED 22 inch sebanyak tiga buah, mereka juga akan menjadi penantang bagi pemenang lomba serupa tahun 2015.

Dalam waktu bersamaan, UM Magelang juga mendapatkan penghargaan sebagai  “Peraih Indeks Tertinggi Kategori Perguruan Swasta se-Kedu”  dalam Excellent Brand Award 2014 yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta di Jawa Tengah. Penghargaan diterima oleh Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT di Lor In Solo tanggal 5 November.

Rektor berharap,  penghargaan yang diterima berdasarkan hasil survey  kepada masyarakat di Jawa Tengah tersebut dapat memacu UM Magelang dalam hal pemberian pelayanan prima kepada stake holder ke arah yang lebih baik lagi.