Monthly Archives: April 2016

Jonan Resmikan Bandara di Sorong dan Merauke


Sorong -Pengembangan Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di kota Sorong, Papua Barat yang telah selesai seluruhnya pada Maret 2016 diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan hari ini. Pada peresmian Bandara DEO ini sekaligus juga dilakukan peresmian Bandara Mopah Merauke secara simbolis.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, menegaskan kembali bahwa pembangunan infrastruktur saat ini difokuskan untuk wilayah Timur Indonesia sebagai wujud nyata dari program Nawacita Pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

Diharapkan dengan pengembangan Bandara Sorong dan Merauke semakin memberikan arti pemerataan pembangunan yang salah satu cirinya adalah kecilnya disparitas harga antara wilayah Barat dan Timur. Untuk memperkuat tujuan tersebut, sesuai arahan Presiden RI, akan dilaksanakan program angkutan udara perintis khusus kargo di beberapa wilayah Papua dan Papua Barat.

“Untuk ke depannya pembangunan bandar udara dan pelabuhan di Papua akan diperbanyak” ujar Jonan dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/4/2016).

Pengembangan Bandara DEO dilakukan mulai tahun 2011 hingga awal tahun 2016 yang meliputi pembangunan gedung terminal penumpang menjadi 2 lantai. Fasilitas modern lain yang ditambahkan yaitu: garbarata dan fixed bridge, baggage handling system, lift terminal, x-ray bagasi dan kabin multi view, walkthrough metal detector, dan penambahan fasilitas lainnya seperti area konsesi, area kerbside dan pembaruan desain interior terminal.

Dalam kurun waktu tersebut, total anggaran APBN yang digunakan yaitu sekitar Rp 236 miliar. Dengan bandara yang dibangun lebih modern dan megah, diharapkan pelayanan jasa transportasi udara di kota Sorong dan sekitarnya semakin meningkat. Dengan begitu, bandara DEO Sorong sebagai pintu gerbang kota Sorong dapat menjadi pemacu Kawasan Timur Indonesia agar dapat terus berkembang maju.

“Hal ini sesuai dengan program Nawa Cita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan dan meningkatkan kualitas hidup manusia, serta meningkatkan produktivitas rakyat,” papar Jonan.

Tampilan bandara DEO Sorong tak kalah dengan bandara lainnya di kota-kota besar di Indonesia. Pada bagian eksterior terminal penumpang, terlihat bentuk ornamen unik menyerupai buah pinang yang mencerminkan budaya daerah setempat.

Selain itu, bagian interiornya juga telah dipercantik dan dilengkapi fasilitasnya sehingga menambah kenyamanan penumpang. Dengan gedung terminal penumpang yang diperluas hingga 13.700 m2, Bandara DEO dapat menampung 782 penumpang.

Sebagai bandara pengumpan, Bandara DEO Sorong melayani penerbangan berjadwal domestik yang dioperasikan oleh beberapa maskapai diantaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Ekspress. Selain itu, Bandara DEO juga melayani Penerbangan perintis yang dioperasikan maskapai Susi air ke beberapa wilayah sekitar seperti Ayawasi, Inawatan, Teminabuan, dan Waisai.

Dengan panjang 2.060 meter dan lebar 45 meter, runway bandara ini dapat didarati pesawat sejenis Boeing seri 737. Pergerakan pesawat di salah satu bandara tersibuk dan terbesar di semenanjung kepala burung Papua ini mengalami rata-rata pertumbuhan 3,3 persen tiap tahunnya. Tercatat ada 9.000 lebih pergerakan pesawat pertahunnya.

Dari sisi penumpang, rata-rata pertumbuhan penumpang pertahunnya mencapai 13,2 persen dimana pada tahun 2014 ada sekitar 500 ribu lebih penumpang. Untuk kargo, rata-rata pertumbuhan kargo pertahunnya cukup pesat sekitar 17,2 persen dimana pada tahun 2014 mencapai 3,06 juta barang per kilo kargo.

Bandara Mopah Juga Dipercantik

Bandar Udara Mopah, dibangun pada 1943 khusus untuk keperluan darurat perang. Saat ini bandara ini melayani penerbangan ke Jayapura, Timika, Makassar, Surabaya serta Jakarta. Dengan panjang landasan 2.250 m, bisa didarati oleh jenis pesawat Boeing 737 series. Ada kurang lebih tiga maskapai yang melayani penerbangan terjadwal dari dan ke Bandara ini serta satu maskapai yang melayani penerbangan perintis.

Dengan terus bertambahnya aktifitas penerbangan serta pertumbuhan penumpang yang menggunakan Bandara ini, luas bangunan terminal sebelumnya adalah 1.972 m2 untuk menampung hingga 331 penumpang pada jam sibuk sudah tidak memadai lagi karena telah melampaui kapasitas jenuh terminal. Sesuai standar yang dikeluarkan oleh Ditjen Perhubungan Udara, dibutuhkan 14m2/penumpang.

Tahun 2015 yang lalu, kemenhub merenovasi sekaligus memperluas serta menata ulang gedung terminal menjadi 4.634m2. Saat ini, terminal telah memiliki tempat check in yang lebih luas dan dilengkapi dengan ruang pengosongan senjata serta ruang tunggu keberangkatan yang nyaman dengan 381 kursi untuk para calon penumpang.

Tidak hanya itu, saat ini terminal penumpang juga telah dilengkapi dengan ruang khusus bagi perawatan bayi, toilet lama dan tambahan 2 toilet baru yang memperhatikan sistem penghawaan juga penerangan ruangan yang sangat baik. Hal ini memang menjadi perhatian khusus Jonan, masyarakat pengguna jasa trasportasi udara harus mendapat pelayanan yang terbaik.

Di luar gedung terminal, kini telah dipasang canopi pada lokasi drop off sehingga para calon penumpang terhindar dari panas dan hujan saat tiba di gedung terminal. Di salah satu sudut terminal, kini dibangun ATM Center juga foodcourt. Untuk menambah keindahan dan kenyaman bagi para calon penumpang, di sekitar terminal telah ditanami pohon dan rerumputan hijau. Kegiatan rehabilitasi dan perluasan gedung terminal ini menghabiskan biaya sekitar Rp 16 Milyar.

“Dengan gedung terminal existing ditambah dengan fasilitas yang baik, tentunya pelayanan prima dapat diberikan kepada masyarakat,” tutup Jonan.

Disadur Dari http://finance.detik.com/read/2016/04/30/175255/3200619/4/jonan-resmikan-bandara-di-sorong-dan-merauke

Jokowi Minta Harga Bawang Rp 25.000, Berapa Harga di Jakarta?


Jakarta -Pemerintah kemarin rapat soal harga pangan di Kantor Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Salah satu hasilnya adalah menekan harga bawang merah hingga di bawah Rp 25.000/kg.

Salah satu pemasok bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati bernama Lucky (34) mengatakan, harga bawang sekarang tidak jauh dari target Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pasokannya sih tanaman dari Brebes cukup, tapi pemakai di luar daerah juga banyak. Jadi masih belum cukup (untuk turun harga). Kalau sudah cukup, bahkan melebihi kapasitas, bisa kurang (dari Rp 25.0000),” katanya kepada detikFinance, Sabtu (30/4/2016).

Lucky menjual bawang dengan harga mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 34.000/kg untuk beberapa jenis bawang merah.

Menurutnya, untuk bisa memenuhi kebutuhan bawang di pasar pemerintah mau tidak mau harus impor. Karena dengan pasokan yang ada saat ini akan sulit mengejar harga di bawah Rp 25.000/kg pada saat puasa dan Lebaran mendatang.

“Kalau ada bawang impor, tidak mungkin itu orang-orang luar pulau, luar kota itu minta dari Brebes sana. Selagi keran impor tidak dibuka, ya petani masih bertahan,” ujarnya.

Kisaran harga jual bawang tersebut, kata dia, belum berubah dalam dua bulan terakhir.

Disadur Dari http://finance.detik.com/read/2016/04/30/134540/3200495/4/jokowi-minta-harga-bawang-rp-25000-berapa-harga-di-jakarta

Jaringan 4G Telkomsel Resmi Hadir di Tasikmalaya


Tasikmalaya – Bersamaan denganpendaratan drone Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) di Tasikmalaya, Telkomsel jugameresmikan kehadiran jaringan 4G di kota berjuluk Kota Santri tersebut.

“Di Tasikmalaya ini ada 30 ribu lebih yang sudah pakai ponsel 4G. Karena itu kami hadirkan jaringan 4G agar mereka benar-benar merasakan koneksi yang super cepat,” ujar General Manager Sales Telkomsel Area Jawa Barat Hasan Kurdi kepada detikINET usai acara penyambutan Elang Barat di Lapangan Dadaha, Tasikmalaya, Sabtu (20/4/2016).

Untuk tahap pertama, jaringan 4G Tekomsel baru mencakup titik keramaian di Tasikmalaya. Namun kedepan mereka akan menambah cakupan hingga ke area pemukiman.

“Tasikmalaya itu potensinya lebih besar. Saat ini baru ada 16 BTS 4G. Tapi kami akan menambah BTS 4G di semester kedua antara 10-15 titik sehingga menyamai Garut yang telah memiliki 30an titik,” jelas Hasan.

Dalam acara peluncuran jaringan 4G Telkomsel turut pula dihadiri Walikota Tasikmalaya Budi Budiman. Saat memberi kata sambutan ia menyambut baik hadirnya jaringan generasi keempat di kotanya.

“Semoga hadirnya 4G Telkomsel meningkatkan produktivitas Tasikmalaya dan dapat membantu mewujudkan sebagai kota pintar,” harap Budi.

Saat ini Telkomsel telah menancapkan 367 BTS 4G di Jawa Barat. Mayoritas berada di Bandung, sementara di kawasan Parahyangan Timur (Garut dan Tasikmalaya) terdapat 52 BTS 4G.

Rencananya pada semester kedua 2016, Telkomsel akan memperluas jangkauan jaringan 4G di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Pangandaran menjadi salah satu area yang akan dibidik know arena menjadi pusat wisata di Jawa Barat.
(afr/asj)

Disadur Dari http://inet.detik.com/read/2016/04/30/175609/3200620/328/jaringan-4g-telkomsel-resmi-hadir-di-tasikmalaya

Kanker Tenggorokan Terdeteksi Karena Hobi Ngemil Keripik Kentang

Sampai saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Kanker sendiri merupakan salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Yang lebih menyedihkan dan menakutkan, kanker tidak bisa diketahui secara cepat bila penderitanya memang tidak peka.
Disadur Dari : http://www.vemale.com/kesehatan/93780-kanker-tenggorokan-terdeteksi-karena-hobi-ngemil-keripik-kentang.html

Turunkan 4 Kg dalam 3 Minggu Ini Rahasia Ayu Ting Ting

Punya tubuh yang indah dan ideal jelas menjadi goal setiap wanita di mana saja ia berada. Berbagai cara pun dilakukan untuk bisa memiliki bentuk tubuh yang luar biasa indah. Beberapa memilih untuk berolahraga dan berdiet, namun tak sedikit pula yang nekat melakukan beberapa treatment instan untuk menurunkan berat badan seperti operasi atau treatment laser.
Disadur Dari : http://www.vemale.com/kesehatan/93810-turunkan-4-kg-dalam-3-minggu-ini-rahasia-ayu-ting-ting.html

Telat Datang Bulan? Atasi Dengan Daun Pepaya Saja Ladies

Banyak wanita yang mengalami gangguan kesehatan yang satu ini. Telat datang bulan ternyata merupakan pertanda bahwa tubuh sedang sakit atau mengalami gangguan hormon. Memang banyak sekali penyebab wanita sampai bisa mengalami telat datang bulan. Salah satu penyebab utamanya adalah karena stres.

Telat haid satu sampai dua hari memang masih tergolong normal karena siklus haid seorang wanita adalah selama 22-35 hari. Namun, mayoritas wanita mengalami siklus haid 28 hari. Namun jika kamu sudah telat datang bulan sampai seminggu atau bahkan sebulan, maka ini sudah tergolong tidak beres dan perlu diobati Ladies.

Tak perlu cemas karena ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini Ladies. Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya yang memiliki rasa pahit ini sangat efektif untuk memperlancar haid wanita.

Caranya cukup mudah Ladies, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil beberapa helai daun pepaya yang muda dan segar, setelah itu cuci sampai bersih. Rebus dengan segelas air sampai mendidih. Setelah mendidih tambahkan sedikit asam dan garam dan aduk rata. Tunggu sampai hangat dan minum ramuan ini.

Selain itu yang terpenting kamu harus banyak beristirahat Ladies. Kesibukan aktivitas ternyata bisa menyebabkan stres dan tubuh jadi tegang. Ini bisa mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh dan haid bisa jadi telat. Karena itu usahakan sebisa mungkin untuk tidur yang cukup untuk mengembalikan kebugaran tubuhmu Ladies. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
Disadur Dari : http://www.vemale.com/kesehatan/93849-telat-datang-bulan-atasi-dengan-daun-pepaya-saja-ladies.html