Monthly Archives: August 2016

Interkoneksi Ditunda, CEO XL: Kami Kecewa!


Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memutuskan untuk menunda penerapan tarif baru interkoneksi yang sedianya bakal dijalankan 1 September 2016.

Namun bagi CEO XL Axiata Dian Siswarini, selama belum ada surat pemberitahuan secara resmi dari Kominfo, XL bakal tetap menerapkan tarif baru interkoneksi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Dian saat ditemui dalam diskusi 4G dengan sejumlah media di Menara Prima, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

“Sampai saat ini kami belum menerima surat pemberitahuan secara resmi dari pemerintah tentang penundaan ini. Sehingga kami tentunya tidak bisa berspekulasi lebih lanjut,” terangnya

Dijelaskan Dian, pihaknya tetap berpegang dengan Surat Edaran yang telah dikeluarkan Kementerian Kominfo pada 2 Agustus silam. Karena itu pihaknya mulai tanggal 1 September pukul 00.00 WIB mulai menerapkan tarif interkoneksi yang baru sebesar Rp 204 untuk layanan voice lintas operator (off-net).

Pada awal Agustus 2016, Kominfo telah mengeluarkan Surat Edaran No.115/M.Kominfo/PI.0204.08/2016 dimana biaya interkoneksi turun 26% secara rerata untuk 18 skenario panggilan di seluler.

Saat ditanyakan perihal Peraturan Menteri soal penurunan tarif interkoneksi. Dian menyatakan selama ini pihaknya selalu mengacu pada Surat Edaran dalam menerapkan tarif interkoneksi dan bukan dari peraturan menteri.

“Selama ini pengaturan interkoneksi menggunakan surat edaran saja dari BRTI atau Menkominfo. Sementara PM itu hanya rule of the game,” ujarnya.

Jika ada operator yang tidak menerapkan hal tersebut akan dibahas antar kedua belah pihak. “Kalau ada dispute di negoisasi, bisa dibawa ke ranah hukum,” Dian melanjutkan.

Pemerintah pun dinilai mengeluarkan surat edaran itu bukan untuk main-main. Tetapi sebagai bagian dari usahanya membuat industri lebih sehat dengan berbagai macam kegiatan yang dimulai tahun 2014.

Surat tersebut bukan tiba-tiba keluar. Tapi hasil dari serangkaian pembahasan. Jika pemerintah akhirnya menunda, pihak XL akan mempertanyakan pemerintah.

“Jika benar, tentunya kami kecewa karena upaya pemerintah untuk penurunan tarif interkoneksi sudah mulai sejak akhir 2014. Di mana upaya ini sudah melibatkan semua stakeholder yang terkait,” kata Dian.

Ia pun memastikan pihaknya tidak akan melakukan demo. Mereka memilih duduk bersama secara intelek untuk kembali membahas penurunan tarif interkoneksi bersama pemerintah.

Seperti diketahui, Menkominfo Rudiantara menunda penerapan tarif baru interkoneksi. Padahal tarif baru interkoneksi yang memiliki 18 skenario tersebut dijadwalkan untuk ditetapkan per 1 September 2016.

“Pertimbangan menteri di antaranya mengikuti imbauan DPR. Karena harusnya pada tanggal 30 Agustus kemarin ada RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara Menkominfo dan Komisi I DPR, tetapi ternyata batal. Jadi sekarang menunggu RDP berikutnya dengan DPR, setelah Pak Rudi (menkominfo-red.) pulang dari China pada tanggal 6 September,” jelas Plt Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Noor Iza ketika dikonfirmasi detikINET, Rabu (31/8/2016).

Menkominfo Rudiantara sendiri pada Rabu (31/8/2016) petang ini akan terbang ke China untuk menemani Presiden Joko Widodo dalam pertemuan G20, dimana di dalam agenda tersebut juga terdapat Business Forum yang melibatkan menkominfo.

“Jadi ini (keputusan penundaan penerapan tarif baru interkoneksi-red.) ada faktor kebijakan antara Pak Menteri (Kominfo) dan DPR,” imbuhnya.

Meski demikian dari sisi prosedural Kominfo tetap menunggu Dokumen Penawaran Interkoneksi (DPI) yang diajukan oleh para operator. “Besok kita sampaikan batas waktu DPI (jika diperpanjang), Nanti malam akan didiskusikan dengan BRTI,” lanjutnya.

DPI sendiri merupakan dokumen berisi acuan kerjasama interkoneksi antara satu operator dengan yang lainnya. Dokumen ini disusun oleh semua operator dengan merujuk pada Dokumen Petunjuk Penyusunan DPI (P2DPI) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2006 tentang interkoneksi.

Biaya interkoneksi sendiri adalah biaya yang dikeluarkan operator untuk melakukan panggilan lintas jaringan. Biaya ini salah satu komponen dalam menentukan tarif ritel selain margin, biaya pemasaran, dan lainnya.


(afr/ash)

Disadur Dari http://inet.detik.com/read/2016/08/31/193153/3288145/328/interkoneksi-ditunda-ceo-xl-kami-kecewa

Buka 24 Jam, Tim Dapur Mengolah Makanan Pasien Sejak Pukul 4 Pagi


Saat masuk ruang rawat inap pasien akan disajikan menu makan lengkap sesuai dietnya. Tim gizi dan dapur bekerjasama untuk siapkan makanan enak dan sehat.

Hampir semua dapur rumah sakit beroperasi selama 24 jam untuk melayani makan pasien rawat inap. Dalam sehari, umumnya pasien diberikan tiga kali makan utama dan dua kali camilan.

Untuk pemberian makanan ini, chef beserta timnya sudah mulai mempersiapkan bahan makanan sejak subuh.

Disadur Dari http://food.detik.com/read/2016/08/31/193625/3288156/900/buka-24-jam-tim-dapur-mengolah-makanan-pasien-sejak-pukul-4-pagi

KKP: Lebih dari 70% Pemilik Palsukan Berat Kapal Ikan


Jakarta -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah membenahi perizinan kapal tangkap ikan. Selama ini, banyak temuan pemilik kapal yang memanipulasi surat perizinan kapal. Manipulasi paling marak ditemui seperti mark down ukuran kapal, sehingga berat riil kapal tak sesuai dengan yang tertera di surat izin tangkap.

Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Zulficar Mochtar mengatakan, pihaknya menaksir lebih dari 70% pemilik kapal memalsukan bobot kapal.

“Jadi mereka ini mengklaim di bawah 30 GT. Dari pengukuran kita ini ada di atas 70% itu markdown, jadi cukup besar. Kalau kapal di atas 30 GT itu ada 3.600 , tapi kenyataannya 8.000 lebih, jadi banyak sekali yang markdown yaitu hampir 5.000-an,” ucap Zulficar di kantor KKP, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Pemilik kapal, jelas dia, melakukan markdown ukuran kapal untuk menghindari berbagai kewajiban seperti pembayaran pajak serta mencari keuntungan lainnya.

Kapal yang ukurannya di bawah bobot 30 gross ton (GT) pajak Pungutan Hasil Perikanan (PHP) yang dibebankan lebih rendah. Kapal di bawah 30 GT juga bisa mendapatkan BBM bersubsidi.

Dengan ada pengampunan atau markdown amnesty ini, diharapkan bisa menjadi stimulus agar industri perkapalan dan perikanan bisa lebih transparan.

“Pastikan mereka semua mau ukur ulang, bayar pajak, macam-macam lah untuk memastikan bahwa praktik perikanan ini benar-benar transparan,” terang Zulficar.

Zulficar menjelaskan, pihaknya memberi tenggat waktu hingga 31 Desember 2016. Jika belum melakukan pendaftaran ulang izin kapal, izin operasi tak bisa keluar alias kapal-kapal tersebut dilarang melaut.

“Otomatis ada sanksinya jika sampai 31 Desember mereka tidak mengukur ulang, izin untuk melautnya tidak keluar lagi. Tapi sekarang silakan kapal-kapal segera (daftar) dan kita siap jemput bola untuk itu,” pungkasnya.

Disadur Dari http://finance.detik.com/read/2016/08/31/195054/3288159/4/kkp-lebih-dari-70-pemilik-palsukan-berat-kapal-ikan

City Pinjamkan Bony ke Stoke



Selain Joe Hart, Wilfried Bony juga menjadi salah satu pemain yang dipinjamkan Manchester City jelang penutupan bursa transfer. Bony dipinjamkan ke Stoke City. Disadur Dari http://sport.detik.com/sepakbola/read/2016/08/31/192936/3288153/72/city-pinjamkan-bony-ke-stoke

Tips Aman Cegah Infeksi Zika Jika Pergi ke Singapura

Jakarta, Merebaknya infeksi Zika di Singapura membuat masyarakat Indonesia waspada tentang risiko infeksi penyakit Zika. Adakah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi jika harus terbang ke Singapura?

dr Erni J. Nelwan, SpPD-KPTI dari Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo mengatakan virus Zika memiliki gejala penyakit yang ringan. Hanya saja, beberapa penelitian mengaitkan virus ini dengan risiko terjadinya mikrosefali pada janin di dalam kandungan.

Karena itu tips pertama yang ia berikan adalah menunda keberangkatan ke Singapura bagi ibu hamil dan wanita yang berencana hamil dalam waktu dekat. Pantau kondisi negara tujuan lewat berita di media massa dan pastikan sudah tidak terjadi wabah saat bepergian.

“Sebenarnya yang nunda ibu hamil saja. Kalau nggak hamil nggak apa-apa pergi ke sana, asal paham risikonya,” tutur dr Erni, ketika dihubungi detikHealth, Rabu (31/8/2016).

Baca juga: Pakar: Secara Teori, Bisa Saja Zika Mewabah di Indonesia

Tips kedua adalah menghindari gigitan nyamuk, bagaimana pun caranya. Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Dr dr Amin Subandrio, SpMK, mengatakan penyakit Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Maka dari itu, jangan lupa siapkan alat-alat yang dapat menangkal gigitan nyamuk.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk lebih memahami gejala yang muncul ketika terinfeksi Zika. Jika merasa demam, badan nyeri dan kemerahan mirip gejala demam berdarah dengue, segera datangi fasilitas kesehatan terdekat.

“Kalau memang muncul gejala, baik ketika di Singapura atau sudah di Indonesia, segera periksakan dan diambil darahnya. Ini penting untuk mengurangi risiko penyebaran,” papar Prof Amin, dihubungi terpisah.

Diberitakan sebelumnya, Lazada Singapura menjual obat nyamuk 5 kali lipat lebih banyak dalam 3 hari terakhir. Demikian juga di jaringan supermarket FairPrice dan Watsons, penjualan obat nyamuk juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Sementara itu The Straits Times melaporkan pemintaan obat nyamuk tercatat paling tinggi di wilayah Aljunied Crescent dan Sims Drive. Di kedua wilayah tersebut, sebanyak 77 orang baru-baru ini terdeteksi mengalami infeksi virus Zika.

Mengingat posisi Singapura yang menjadi tempat persinggahan para pelancong internasional, temuan infeksi Zika memaksa sejumlah negara untuk ikut waspada. Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan Korea Selatan telah mengeluarkan travel warning bagi perempuan hamil yang hendak atau sedang mengunjungi Singapura.

Baca juga: Seberapa Besar Risiko Penularan Zika dari Singapura ke Indonesia? Ini Kata Pakar

(mrs/up)

Disadur Dari http://health.detik.com/read/2016/08/31/193011/3288152/763/tips-aman-cegah-infeksi-zika-jika-pergi-ke-singapura