Lebih Rentan Komplikasi, Ibu Hamil dengan PCOS Harus Benar-benar Dipantau

Jakarta, Polycystic ovary syndrome (PCOS) memang bisa menyebabkan masalah infertilitas. Namun bukan berarti perempuan dengan PCOS tidak bisa hamil secara alami. Meski demikian, kehamilannya harus benar-benar dipantau.

Menurut peneliti, masalah kehamilan pada perempuan dengan PCOS masih bisa dialami meskipun yang bersangkutan telah menjaga berat badan normalnya. Disebutkan perempuan dengan PCOS memiliki risiko lebih dari 70 persen mengalami keguguran ketimbang perempuan lain dengan usia sama yang tidak memiliki PCOS. Selain itu PCOS juga dikaitkan dengan lebih banyak komplikasi pada ibu dan janinnya.

Menurut dr Aled Rees, seorang peneliti endokrinologi di School of Medicine di Cardiff University, Inggris, beberapa kondisi yang bisa dialami perempuan dengan PCOS antara lain diabetes saat hamil, tekanan darah tinggi, serta kelahiran prematur.

“Bayi yang lahir dari ibu dengan PCOS memiliki peningkatan risiko penyakit kuning dan komplikasi pernapasan,” kata dr Rees. Demikian dikutip dari Reuters.

Baca juga: Tak Kunjung Hamil karena PCOS, Emma Perlakukan Boneka Seperti Anaknya

dr Rees dan rekan-rekannya menguji data pasien di Inggris. Yang diperbandingkan adalah data ibu hamil dengan PCOS dan yang tidak memiliki PCOS. Dari data, PCOS dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan yang besarnya 32 persen lebih tinggi, juga risiko 41 persen lebih tinggi mengalami diabetes gestasional. Selain itu ada kemungkinan 25 persen lebih tinggi mengalami kelahiran prematur.

Hampir 28 persen ibu hamil dengan PCOS dikirim ke bagian bedah pada saat persalinan. Sedangkan perempuan tanpa PCOS yang dikirim ke bagian bedah saat melahirkan, jumlahnya sedikit lebih rendah  yakni 24 persen.

Sementara bayi yang lahir dari ibu dengan PCOS memiliki peluang 20 persen lebih tinggi terkena penyakit kuning dan masalah pernapasan.

Meski ada risiko, tapi perempuan dengan PCOS tidak perlu panik berlebihan saat menjalani kehamilannya. Menurut dr Richard Legro dari Pennsylvania State College of Medicine di Hershey, tingkat komplikasi bervariasi. Selain itu komplikasi yang demikian parah masih tergolong jarang. Baik ibu hamil dengan PCOS ataupun yang tidak, sama-sama perlu menjaga kehamilannya dengan baik, termasuk menjaga asupan dan rajin kontrol kondisi kehamilannya.

Baca juga: Siklus Haid Tidak Teratur? Bisa Jadi Gara-gara Berat Badan Berlebih(vit/up)

Disadur Dari http://health.detik.com/read/2016/03/31/200354/3177100/1299/lebih-rentan-komplikasi-ibu-hamil-dengan-pcos-harus-benar-benar-dipantau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>