Jokowi Minta Harga Bawang Rp 25.000, Berapa Harga di Jakarta?


Jakarta -Pemerintah kemarin rapat soal harga pangan di Kantor Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Salah satu hasilnya adalah menekan harga bawang merah hingga di bawah Rp 25.000/kg.

Salah satu pemasok bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati bernama Lucky (34) mengatakan, harga bawang sekarang tidak jauh dari target Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pasokannya sih tanaman dari Brebes cukup, tapi pemakai di luar daerah juga banyak. Jadi masih belum cukup (untuk turun harga). Kalau sudah cukup, bahkan melebihi kapasitas, bisa kurang (dari Rp 25.0000),” katanya kepada detikFinance, Sabtu (30/4/2016).

Lucky menjual bawang dengan harga mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 34.000/kg untuk beberapa jenis bawang merah.

Menurutnya, untuk bisa memenuhi kebutuhan bawang di pasar pemerintah mau tidak mau harus impor. Karena dengan pasokan yang ada saat ini akan sulit mengejar harga di bawah Rp 25.000/kg pada saat puasa dan Lebaran mendatang.

“Kalau ada bawang impor, tidak mungkin itu orang-orang luar pulau, luar kota itu minta dari Brebes sana. Selagi keran impor tidak dibuka, ya petani masih bertahan,” ujarnya.

Kisaran harga jual bawang tersebut, kata dia, belum berubah dalam dua bulan terakhir.

Disadur Dari http://finance.detik.com/read/2016/04/30/134540/3200495/4/jokowi-minta-harga-bawang-rp-25000-berapa-harga-di-jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>