1_000 Pesantren Bakal Punya Ummart Tahun Ini

Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari

FOKUS BERITA
Umat Mart, Minimarket Pesantren


0


0


0

Jakarta – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) melihat peluang usaha baru di sektor ritel ditandai dengan bakal dibuatnya toko ritel modern di pesantren yang mengambil nama Umat Mart atau Ummart. Dari rencana pengadaan Ummart, tahun ini Hipmi menargetkan 1000 toko ritel Ummart akan tersedia di berbagai pondok pesantren, setelah pengadaan 10 pilot project Ummart yang akan diluncurkan 12 Mei 2018.

“Kita targetkan 1.000 tahun ini,” kata Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Bahlil Lahadalia kepada detikFinance, Jakarta, Senin (16/4/2016).

Konsep Umat Mart ini berawal dari pelatihan kewirausahaan yang dilakukan HIPMI kepada para mahasiswa dan siswa SMK di 2015. Kemudian di 2018 pihaknya berusaha mewadahi kebutuhan praktik bisnis para santri di Pulau Jawa untuk belajar bisnis tanpa menganggu pendalaman ilmu agama dengan dengan skema ritel modern yang ditempatkan di pondok pesantren.

“Di tahun 2018 ini kita punya program HIPMI Goes to Pesantren, ini kita lakukan karena sudah selesai (program) di perguruan tinggi dan sekolah kini masuk ke pesantren. Kita punya bayangan pesantren punya wadah mulai untuk belajar ilmu agama sampai bisnis. Dari program HIPMI Goes to Pesantren kita punya produk program namanya Ummart,” jelas dia.

Baca juga: Bakal Ada Umat Mart di Pesantren, Pesaing 212 Mart?
Bahlil menjelaskan, dari produk hasil program Hipmi Goes to Pesantren nantinya akan dibentuk PT dari orang orang HIPMI yang akan mengelola secara profesional Ummart sebagai jaringan bisnis dan juga inkubasi dari pelatihan wirausaha para santri.

“Kita fokusnya (pengadaan Ummart) di Jawa Timur dulu. Kita sudah mendata dj Jatim itu ada sekitar 13.500 pondok pesantren dan nggak semua masuk kriteria, baru yang 10 ini saja,” kata dia.

Baca juga: Dari Mana Ide Bikin Umat Mart di Pesantren Muncul? (ang/ang)

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1508747669794-0′); });

disadur dari : https://finance.detik.com/industri/d-3975003/1000-pesantren-bakal-punya-ummart-tahun-ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>